-->
SMA Pasundan 5 Bandung

SMA Pasundan 5 Bandung Turut Kampanyekan Kegiatan GEMAZ


SMA Pasundan 5 Bandung Ikut Kampanyekan Kegiatan GEMAZ
Foto Bersama setelah Minum Tablet Tambah Darah (TTD)
smapasundan5bdg.sch.id - Dalam rangka Hari Remaja Internasional, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Nutrition International (NI) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) dengan tema Generasi Emas Bebas Anemia dan Zero New Stunting (GEMAZ) 

Salah satu tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran remaja putri dalam mengkonsumsi gizi seimbang dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) secara rutin.

Adapun pelaksanaannya secara serentak pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 07.30 - 12.00 WIB di Gedung Sate, Kota Bandung menggunakan metode hybrid, diikuti oleh seluruh sekolah dan madrasah se-Jawa Barat melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Link Streaming Youtube. 

SMA Pasundan 5 Bandung Turut Kampanyekan Kegiatan GEMAZ
Briefing Teknis Persiapan Kegiatan Gemaz
SMA Pasundan 5 Bandung turut berpartisipasi untuk mengkapanyekan kegiatan Gemaz ini. Setelah dilakukan persiapan teknis dengan perwakilan dari Dinas Kesehatan setempat, WKS Kesiswaan Parman Supardi ditemani WKS Kurikulum, Edi Rakhmat langsung mensosialisasikan kepada Guru dan siswa terkhusus kepada siswa putri.

Landasan Pentingnya Mengkampanyekan Kegiatan Gemaz

Kenapa kegiatan tersebut penting? dan kenapa dikhususkan kepada remaja putri? hal ini tentunya dilatar belakangi oleh hal-hal sebagai berikut:
  1. Seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK), adalah waktu yang kritis bagi gizi dan anak yang optimal agar dapat memanfaatkan peluang bagi seorang anak mampu mencapai potensi terbaiknya di sepanjang hidupnya.
  2. Salah satu risiko tidak optimalnya gizi pada masa 1.000 HPK adalah stunting, atau kondisi gagal tumbuh dan gagal perkembangan akibat kekurangan gizi kronis. Berdasarkan SSGBI tahun 2021, 24,4 % atau 5,33 juta balita mengalami stunting.
  3. Salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko stunting adalah anemia yang terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegah hal tersebut, Pemerintah Indonesia berupaya untuk memperbaiki kesehatan dan gizi sejak remaja.
  4. Sebagai bentuk optimalisasi gizi pada masa remaja, salah satunya dengan pencegahan anemia pada remaja putri. Berdasarkan Riskesdas 2013, 18,4% remaja putri dan wanita usia subur (15-24 tahun) di Indonesia mengalami anemia.
  5. Remaja putri lebih rentan mengalami anemia akibat kehilangan zat besi saat menstruasi dan pola makan yang tidak tepat. Suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) merupakan program yang ditujukan untuk pencegahan anemia remaja putri.
  6. Untuk itu, peningkatkan kesadaran remaja putri dalam mengkonsumsi gizi seimbang, suplementasi TTD secara rutin, dan keterlibatan berbagai pihak untuk membantu memantau kepatuhan minum TTD menjadi hal penting.

Tujuan Kegiatan Gemaz

Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi, kegiatan Gemaz ini bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja putri dan guru akan pentingnya konsumsi asupan bergizi seimbang, makanan kaya asam folat dan zat besi, dan suplementasi TTD secara rutin sebagai upaya pencegahan anemia.
  2. Mensosialisasikan penggunaan aplikasi CERIA. Untuk Panduan dan Penjelasan, silahkan Download Aplikasi Ceria
  3. Mendorong remaja putri untuk mencatat sendiri konsumsi TTD melalui aplikasi CERIA yang dikembangkan oleh Kemenkes dan melaporkan kepada gurunya.
  4. Menjadikan Kampanye Gizi Seimbang dan Gerakan Minum TTD Remaja secara bersama di Jawa Barat tercatat sebagai rekor MURI

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan yang berlangsung di SMA Pasundan 5 Bandung :

Source : Kakang Omen99



Keterangan :
Informasi lengkap silahkan klik Panduan Gemaz






0 Response to "SMA Pasundan 5 Bandung Turut Kampanyekan Kegiatan GEMAZ "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel