-->

SMA Pasundan 5 Bandung Plus Program Keahlian Perkantoran

Pembekalan Keahlian Perkantoran

smapasundan5bdg.sch.id - SMA Pasundan 5 Bandung Plus Program Keahlian Perkantoran adalah salah satu program unggulan yang menjadi nilai plus pembelajaran di SMA Pasundan 5 Bandung. Program ini bertujuan sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan agar terciptanya siswa yang kompeten dan memiliki soft skill untuk siap terjun di dunia usaha dan atau dunia industri. Program Keahlian Perkantoran ini juga merupakan program pembelajaran yang menjadi ciri khas tersendiri di SMA Pasundan 5 Bandung. 

Program Keahlian Perkantoran di SMA Pasundan 5 Bandung ini dimulai pada tahun pelajaran 2021/2022 dengan menambahkan kompetensi pada mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan bidangnya dan tidak mengurangi atau memengaruhi Kompetensi Dasar. Selain hal tersebut, kompetensi keahlian perkantoran yang tidak masuk ke dalam mata pelajaran kurikulum SMA maka dijadwalkan pada hari tertentu.

Adapun kompetensi keahlian perkantoran yang menjadi pembelajaran di SMA Pasundan 5 Bandung adalah sebagai berikut:  

1) Mengetik Cepat

Sebagai salah satu keahlian perkantoran adalah siswa mampu memahami sikap dan keterampilan mengetik tanpa melihat keyboard, dan secara ritmis menguasai mengetik sebagai keterampilan dalam bekerja di perkantoran. Selain waktu komputasi yang relatif singkat, tujuan mengetik cepat dengan 10 jari adalah untuk mendapatkan hasil yang presisi, rapi, dan bersih berdasarkan bentuk yang diinginkan. 

2) Membuat Surat

Kemampuan seseorang yang bekerja di dunia perkantoran adalah mampu membuat surat. Menulis surat merupakan sesuatu yang tak dapat dihindari dunia kerja karena sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dan atau sebagai alat komunikasi antar lembaga.

3) Memproduksi Dokumen Kantor

Dokumen kantor merupakan hasil dari sebuah proses menyelesaikan tugas-tugas kantor. Selain mengetik dan membuat surat, siswa diharapkan mampu memproduksi berbagai dokumen di dunia perkantoran. 

4) Membuat Bahan Presentasi

Salah satu kompetensi dari keahlian perkantoran berikutnya yaitu siswa mampu membuat bahan presentasi. Hal ini dikarenakan di dalam dunia kerja apalagi yang berhubungan dengan bidang marketing dipastikan harus mampu mempromosikan atau  mensosialisasikan programnya. Adanya bahan atau point-point yang ditampilkan akan membantu mempermudah menyampaikannya dan jelas sesuai yang diharapkan. Tidak hanya membuatnya saja, tetapi tampilan dari point-point penting tersebut haruslah menarik dan kreatif. Maka dari itu siswa akan diajarkan lebih dalam cara membuat bahan presentasi dari microsoft office power point.

5) Mengaplikasikan Rumus Microsoft Office Excel

Fungsi atau kegunaan dari microsoft excel sehari-hari dalam dunia usaha atau dunia industri meliputi: membuat, menyortir, menganalisis, dan meringkas data. Selain itu juga berfungsi sebagai aritmatika dan statistik. Sehingga aplikasi pengolah angka ini akan sangat berguna dan menjadi peluang untuk bekerja di perkantoran apabila menguasai kompetensi tersebut.

6) Melakukan Komunikasi melalui Telepon

Kompetensi ini menjadi hal yang wajib dikuasai bagi seseorang yang bekerja sebagai resepsionis, sehingga siswa diharapkan mampu berkomunikasi menggunakan telepon dengan baik dan benar. Hal ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi siswa yang ingin berkarir di dunia perkantoran.

7) Mengelola Arsip

Arsip merupakan hal penting dalam perkantoran, karena sebuah lembaga haruslah mempunyai arsip sebagai data penting untuk digunakan sebagai bukti fisik dan keberjalanan sebuah lembaga. Dengan adanya kompetensi mengelola arsip, siswa diharapkan mampu melakukan kegiatan pengaturan arsip mulai dari penciptaan, penerimaan, pencatatan dan penyimpanan sehingga mudah dicari apabila sewakt-waktu diperlukan. Hal ini jelas menjadi peluang untuk bekerja di perkantoran.

8) Mengelola Kas Kecil atau Petty Cash

Kemampuan mengelola kas kecil atau petty cash merupakan salah satu keahlian seorang akuntan atau bagian keuangan dalam sebuah perusahaan. Dengan menguasai kompetensi tersebut, akan memudahkan peluang siswa untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri. 


Itulah 8 kompetensi keahlian perkantoran yang menjadi program unggulan dari SMA Pasundan 5 Bandung. Sekolah berkomitmen mencetak generasi unggul yang siap melanjukan ke jenjang pendidikan tinggi, serta mampu diserap dunia kerja dan profesional sesuai Visi Misi SMA Pasundan 5 Bandung.




0 Response to "SMA Pasundan 5 Bandung Plus Program Keahlian Perkantoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel