-->

Marhaban Ya Ramadhan 1433 H / 2022 M, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

 

smapasundan5bdg.sch.id - Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1433 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. Hal ini berdasarkan sidang isbat yang dilaksanakan pada Jumat sore, 1 April 2022. Maka dari itu, keluarga besar SMA Pasundan 5 Bandung mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1433 H / 2022 M, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

Mari kita jadikan bulan suci Ramadhan merupakan sebagai moment untuk meningkatkan kualitas diri agar lebih meningkatkan ibadah kepada Allah SWT., Mari sambut bulan Ramadhan ini dengan membersihkan hati, sucikan diri dan perbanyak kegiatan positif di bulan Ramadhan.

Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

Sekolah menganjurkan kepada seluruh warga SMA PASUNDAN 5 BANDUNG agar memperbanyak kegiatan yang positif, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Agama Islam memberikan tuntunan berbagai kegiatan kebaikan untuk meraih pahala dan keridhoan Allah SWT. Kegiatan-kegiatan yang dituntunkan agama Islam yaitu diantaranya:

1) Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ini merupakan amalan terpenting pada bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman: "Kewajiban berpuasa itu adalah pada bulan Ramadhan, yang pada bula itu Al-Quran diturunkan, sebagai petunjuk untuk manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan dari petunjuk itu dan dari pembeda (antar yang hak dan yang bathil). Maka barangsiapa diantara kamu mengahadiri bulan itu, hendaklah dia berpuasa." (QS. Al Baqoroh : 185)

2) Shalat Tarawih

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan ihtisab (mengharapkan pahala) diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhori, no. 2009; Muslim, no. 760)

3) Memberi Buka kepada Orang yang Berpuasa

Ini merupakan kesempatan emas bagi orang-orang yang memiliki kelonggaran rizki untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci ini, yaitu dengan memberi makan buka untuk orang islam yang berpuasa.

4) Memperbanyak Shodaqoh

Memberi adalah jenis ibadah khusus yang memudahkan untuk menyingkirkan dosa. Rasulullah SAW., pernah berkata: "Sedekah dapat menghapus dosa, seperti air dapat memadamkan api". (HR. At-Tirmidzi) 

5) Tadarus Al-Qur'an

Memperbanyak membaca Al-Qur'an dengan cara disimak oleh ahlinya atau membaca sendiri bagi orang yang sudah baik bacaannya akan lebih memperlancar dan akan lebih tartil lagi membaca Al-Quran dengan benar dan baik. Membaca Al-Quran memang dianjurkan setiap saat bukan hanya di bulan Ramadhan saja, karena hal itu merupakan amalan yang memiliki pahala yang besar.

6) Mencari Keutamaan Lailatur Qodar

Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qodr : 1-3)

7) I'tikap

I'tikap adalah berada di dalam masjid dengan niat ibadah. Dengan i'tikap, bisa dimanfaatkan untuk berdzikir dan bermuhasabah diri. 

 

Itulah beberapa kegiatan positif di Bulan suci Ramadhan, semoga kita diberikan kesehatan dan kekuatan agar dapat melaksanakan ibadah puasa semaksimal mungkin. 

Jangan lupa niat puasanya yaaaa :)




0 Response to "Marhaban Ya Ramadhan 1433 H / 2022 M, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel