-->

Pengenalan Kurikulum di SMA Pasundan 5 Bandung

 

SMA PASUNDAN 5 BANDUNG - Pengertian Kurikulum tertuang dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Butir 19 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi "Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu"

Kurikulum juga bisa diartikan sebagai perangkat rencana dan pengaturan yang bersifat dinamis mengenai struktur isi dan konten serta cara yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dikatakan dinamis karena kurikulum menyesuaikan mengikuti perkembangan zaman. 

Mengenai perkembangannya, Kurikulum Pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan dan penyempunaan-penyempurnaan dimulai dengan Rencana Pelajaran 1947, Rencana Pelajaran 1952, Rencana Pelajaran 1954, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum 2004 (Berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006 (Tingkat Satuan Pelajaran), dan sampai saat ini Kurikulum 2013 yang lebih mengedapankan pendidikan karakter. Kemudian Kurikulum Nasional sebagai penyempurnaan Kurikulum 2013. 

Hingga di Tahun 2021 ini sedang digaungkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim yaitu Kurikulum Sekolah Penggerak. Kurikulum ini dilaksanakan secara bertahap oleh Sekolah dan Guru yang sudah siap. Lebih jelasnya dapat dilihat disini.

Pada kondisi saat ini di era pandemi covid-19, pelaksaam pembelajaran dapat memilih dapat memilih salah satu kurikulum dari 3 pilihan ini, yaitu 1) Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional, 2) Menggunakan Kurikulum Darurat dan 3) Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri. SMA Pasundan 5 Bandung sendiri menggunakan Kurikulum 2013 dengan melakukan penyederhanaan secara mandiri. 

Tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 meliputi:

a. Kegiatan Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1) mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.

2) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumny aberkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;

3) menyampaikan kompetensi yang akan  dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan

4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

 

b. Kegiatan Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik.

Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Dalam setiap kegiatan guru harus memperhatikan perkembangan sikap peserta didik pada kompetensi dasar dari KI-1 dan KI-2 antara lain mensyukuri karunia Tuhan, jujur, teliti, kerjasama, toleransi, disiplin, taataturan, menghargai pendapat orang lain yang tercantum dalam silabus dan RPP.

c. Kegiatan Penutup Kegiatan penutup terdiri atas:

1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:

(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;

(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan

(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

2) Kegiatan guru yaitu:

(a) melakukan penilaian;

(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan

(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Daya Dukung Proses pembelajaran memerlukan daya dukung berupa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. 

Sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. 

Prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tatausaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang menunjang proses pembelajaran

ASPEK PENILAIAN

Pengetahuan
Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menambah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini, jenjang SD memiliki pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter,jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter, dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. 

Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.


Keterampilan
Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat, melaksanakan, dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatih sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan. 

Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal, keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek, keterampilan membuat teks, dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.

Sikap dan Perilaku

Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. 

Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian, teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai, dan diambil oleh diri masing-masing siswa.
 
Bagi yang membutuhkan materi secara rinci dapat diunduh dibawah ini :
 
 

>>>   Jadwal PBM Semester Ganjil 2021-2022   <<<
 
 


0 Response to "Pengenalan Kurikulum di SMA Pasundan 5 Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel