-->

Hari ke 1 Rapat Kordinasi Sosialisasi Sekolah Sehat dan Penguatan Program Kesehatan Remaja di Jawa Barat

smapasmabdg.sch.id - Pada hari ini, Kamis, 16 Maret 2022 secara daring dan luring, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan hari ke 1 Rapat Kordinasi Sosialisasi Sekolah Sehat dan Penguatan Program Kesehatan Remaja di Jawa Barat. 

Program ini diinisiasi oleh Nutrition Internasional (NI) bersama Kementerian Kesehatan dalam rangka melakukan upaya penurun stunting melalui program nasional pencegahan dan pengendalian anemia gizi besi bagi remaja putri di Sekolah pada masa pandemi covid-19. Sebagai informasi pengertian stunting adalah terganggunya perkembangan dan pertumbuhan anak akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu yang sangat lama. Program ini dilakukan dengan mengembangkan kolaborasi multi sektor, termasuk Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (TP - UKS / M).

Dalam rangka sosialisasi tersebut, Nutrition Internasional (NI) bekerja sama dengan Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat. 

Dalam sambutannya. Direktur Nutrition Internasional, Ibu Sri Kusyuniati, P.HD menyampaikan bahwa tahun 2030, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu kesempatan ekonomi karena struktur kependudukan tahun itu usia 15 - 64 tahun merupakan usia produktif dalam menikmati bonus demografi tersebut. Kelompok umur tersebut sudah seharusnya mempunyai kondisi yang sehat, mempunyai pendidikan yang baik dan mempunyai pekerjaan. 

Ibu Sri Kusyuniati, P.HD menambahkan, aspek penting dalam mengupayakan kesehatan tersebut adalah memperbaiki kualitas hidup terutama kelompok remaja. Aspek paling penting juga bahwa kelompok remaja tersebut harus bebas anemia. Anemia menyebabkan remaja tersebut menjadi loyo, letih dan lemah yang pada akhirnya tidak optimal dalam menjalankan proses pendidikan dan dalam mencari pekerjaan.

Ibu Sri menekankan program kesehatan remaja yang terbebas dari anemia ini semoga berjalan dengan lancar tentunya dukungan dari stekholder pendidikan. 

Untuk hari ke 1 Rapat Kordinasi Sosialisasi Sekolah Sehat dan Penguatan Program Kesehatan Remaja di Jawa Barat, smapasundan5bdg.sch.id merangkum dengan point-point sebagai berikut:

  1. Model Sekolah dan Madrasah Sehat dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan status kesehatan peserta didik di Sekolah 
  2. Peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi sangat penting untuk mencapai keberhasilan pembinaan dan pengembangan kesehatan peserta didik
  3. Isu gizi, anemia remaja dan kesehatan jiwa juga tidak terlepas dalam ketentuan kesehatan kelompok remaja di Jawa Barat 

Informasi lebih lengkap terkait Rapat Koordinasi Sosialisasi Sekolah Sehat dan Penguatan Program Kesehatan Remaja di Jawa Barat dapat dilihat pada tautan dibawah ini :



Hari ke 1, (16/03/2022) : LIHAT




Hari ke 2, (17/03/2022) : LIHAT

0 Response to "Hari ke 1 Rapat Kordinasi Sosialisasi Sekolah Sehat dan Penguatan Program Kesehatan Remaja di Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel