-->

Melihat Keseruan Helaran Pasundan Kataji dalam Memperingati HUTRI ke-78 oleh YPDM Pasundan

Reporter Pasma Media  : Elfira RM & Rahma Nura (17/08/2023)

Keseruan karnaval dengan membawa jampana oleh kontingen SMA Pasundan 5 Bandung, Helaran Pasundan Kataji, HUTRI ke 78
smpasundan5bdg.sch.id - "17 Agustus tahun 45, itulah hari Kemerdekaan kita, hari Merdeka Nusa dan Bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia". Itulah potongan bait dari judul lagu 17 Agustus atau dikenal dengan judul lagu Hari Merdeka ciptaan Husein Mutahar.

Di hari bahagia ini (17 Agustus 2023), Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 dengan tema Helaran Pasundan Kataji. Adapun agenda kegiatan Helaran Pasundan diantaranya adalah Upacara, Karnaval Helaran Pasundan dan beragam kreasi seni siswa. 

Kegiatan upacara HUT RI dilaksanakan pada pukul 07.00 di lapangan Gedung Paguyuban Pasundan Jl. Sumatera No. 41 Bandung, begitupun dengan karnaval diwaktu yang sama. Namun untuk karnaval dimulai dari SMA Pasundan 1 Bandung/SMP Pasundan 1 Bandung Jl. Balonggede No. 28 Bandung, lanjut ke alun-alun Bandung, Braga, Wastukencana dan berhenti di Gedung Paguyuban Pasundan.

Acara ini tambah meriah karena masing-masing kontingen sekolah menampilkan beragam kreasi seni pada saat karnaval atau arak-arakan namun tidak menghilangkan ke-khasan Pasundan, yaitu Agama, Budaya dan Ilmu. Hal ini dapat terlihat dari peserta karnaval yang memakai pakaian adat sunda, membawa jampana yang isinya hasil bumi, mobil listrik dan atribut lainnya yang meningkatkan semangat nasionalisme.

Jurnalis Pasma Media Foto Bareng dengan Peserta Helaran Pasundan (Guru) 2023
Seperti yang disampaikan kedua peserta (foto diatas) bahwa kegiatan helaran ini sangat seru dan meriah karena berbagai sekolah sangat kreatif menampilkan kreasi pada saat karnaval berlangsung.
"Seru, sangat seru sekali, melihat dari sekolah-sekolah lain ternyata pada kreatif-kreatif". Apresiasi salah satu peserta saat ditanyai kesannya oleh tim jurnalis Pasma Media.

"Antusiasnya juga seratus persen luar biasa, kami cinta Pasundan". Timpal rekan peserta yang diwawancarai.

Tak sampai disitu, banyak hal unik-unik dan kreatif yang ditampilkan oleh peserta karnaval Helaran Pasundan, seperti gambar dibawah ini.

Mobil Antik dari kontingen SMP Pasundan 1 Bandung, Helaran Pasundan 2023
Keceriaan Peserta (Guru) SMP Pasundan 1 Bandung, Helaran Pasundan 2023
Mojang SMA Pasundan 5 Bandung, Helaran Pasundan 2023

Mojang SMA Pasundan 5 Bandung, Helaran Pasundan 2023

Sebelum Upacara Foto Dulu, Helaran Pasundan 2023

Marching Band Kontingen SMA Pasundan Majalaya, Helaran Pasundan 2023

Hanoman, Semar dan Gatotkaca ikut karnaval, Helaran Pasundan 2023

Nyi Iteung ikut karnaval, Helaran Pasundan 2023

Selain karnaval, Upacara juga berjalan dengan lancar dan sukses. Ketua Umum Paguyuban Pasundan menjadi pembina Upacara Peringatan HUTRI ke-78 di lapang Gedung Paguyuban Pasundan.

Peserta Upacara HUTRI ke-78, Helaran Pasundan 2023
Dalam amanatnya, Pembina Upacara (Didi Turmudzi) menyampaikan bahwa di dalam momen bahagia ini kita harus bangsa menjadi Bangsa Indonesia, harus bangga menjadi orang Sunda.

Selain itu, Pembina Upacara menghimbau bahwa Keluarga Besar Pasundan harus terhindar dari korupsi dan narkoba, juga harus melawan kebodohan.

Didi Turmudzi menambahkan, sangat bersyukur di Hari Kemerdekaan ini Paguyuban Pasundan dapat berkontribusi dalam dunia Pendidikan.

"Kami  bersyukur Paguyuban Pasundan telah melahirkan lembaga pendidikan. Jauh sebelum kemerdekaan kita telah berkontribusi". ucap Pembina Upacara.


DOKUMENTASI KEGIATAN

Untuk dokumentasi kegiatan Helaran Pasundan Kataji, tim Jurnalis Pasma Media sudah merekap dokumentasi tersebut dan dapat dilihat DISINI.





0 Response to "Melihat Keseruan Helaran Pasundan Kataji dalam Memperingati HUTRI ke-78 oleh YPDM Pasundan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel