-->

Projek IKM : Pemilu OSIS SMA Pasundan 5 Bandung Siap Digelar, Cek Tanggal dan Ayo Ramaikan!

Pengarahan Persiapan Pemilu OSIS oleh WKS Kesiswaan - Projek IKM, 2022
smapasundan5bdg.sch.id - Sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Implementasi Kurikulum Merdeka, Pemilu OSIS SMA Pasundan 5 Bandung Siap Digelar, Cek Tanggal dan Ayo Ramaikan!

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang disingkat OSIS adalah organisasi kesiswaan di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah.

Organisasi ini bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

SMA Pasundan 5 Bandung yang sudah mengimpelementasikan Kurikulum Merdeka dalam hal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  memilih dimensi "Demokrasi" sehingga dalam praktiknya diintegrasikan dengan Program Kesiswaan, yaitu Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022-2023.

Parman Supardi, S.Pd (WKS. Kesiswaan), 2022
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Parman Supardi, S.Pd sebagai koordinator Projek menyampaikan bahwa pemilihan dimensi Demokrasi sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila karena sesuai dengan Keputusan Kepala Sekolah pada saat musyawarah Dewan Guru yaitu banyaknya jumlah siswa yang terlibat dan mempunyai peranannya masing-masing sehingga siswa harus proaktif agar kegiatan berjalan dengan lancar dan baik serta kegiatan projek ini sebagai bekal pengetahuan dimasa mendatang.

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa “Siswa SMA Pasundan 5 Bandung harus tahu pentingnya keterlibatan mereka (siswa) di dalam pemilu. Kegiatan ini juga dapat membentuk karakter siswa  sesuai asas pemilu LUBER (langsung, umum, bebas, dan rahasia), JURDIL (jujur dan adil) serta  sesuai dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa dapat belajar to be good citizens.” tutur Parman Supardi.

Parman Supardi menambahkan, dengan adanya projek ini siswa dapat belajar cara menggunakan hak pilih dan tahu cara bekerjasama dalam sebuah tim secara baik dan benar sebelum melakukan penyelenggaraan tahapan Pemilu. 

Maka dari itu beliau menekankan bahwa pentingnya meningkatkan Kerjasama, bergotongroyong memunculkan kreativitas guna terangsangnya nilai kepekaan sosial dalam mengedepankan kepentingan publik sehingga daya nalar kritis yang diharapkan bisa lahir. 

Selain itu pentingnya memunculkan sikap positif dan responsif dalam bermusyawarah dan berani mengambil tindakan yang berdasar kepada pedoman tata kelola dan tata kerja organisasi.

“Pentingnya kesiapan diri untuk siap dipimpin dan siap memimpin” juga menjadi penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi kali ini. Mengingat para siswa sudah dibentuk kedalam tiga badan kepengurusan Pemilu Ketua & Wakiil Ketua OSIS, yakni sebagai berikut:
  1. KPU (Komisi Pemilihan Umum);
  2. PANWASLU (Panitia Pengawas Pemilu) dan;
  3. KIPP (Komite Independen Pemantau Pemilu) disertai adanya tim pemenangan setiap kandidat.

Selanjutnya beliau mengingatkan Kembali bahwa setalah ini, Senin 17 Oktober mendatang akan dilaksankan PELANTIKAN AKBAR “Pelantikan KPU, PANWASLU & KIPP Pemilihan Umum Ketua & Wakil Ketua OSIS SMA Pasundan Bandung”.

Persiapan Pemilu Ketua & Wakil Ketua OSIS
Mengingat pentingnya agenda tersebut, maka dihimbau agar seluruh warga sekolah dapat menarik fokus dan meningkatkan kesiapan serta semangat dalam melibatkan diri dan berani berperan serta berdaya pada kegiatan tersebut.

Agenda Pemilu Ketua & Wakil Ketua OSIS Periode 2022-2023

  1. Rabu, 12 Oktober 2022 : Persiapan 
  2. Senin, 17 Oktober 2022 : Sosialisasi dan Pelantikan KPU, Panwaslu, dan KIPP
  3. Selasa, 18 Oktober 2022 : Wawancara dan Kampanye Terbatas
  4. Rabu, 19 Oktober 2022 : 1) Kampanye Terbuka ke setiap kelas; dan 2) Workshop "Materi Debat & Orasi" oleh KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kecamatan Sukasari
  5. Kamis, 20 Oktober 2022 : Debat Terbuka
  6. Jumat, 21 Oktober 2022 : Pemilihan Ketua & Wakil Ketua (Pemungutan Suara, Penghitungan Suara, Penetepan Keputusan, Pengumuman dan Persiapan Pelantikan Ketua & Wakil Ketua OSIS terpilih
  7. Sabtu, 22 Oktober 2022 : Pelantikan Ketua & Wakil Ketua OSIS terpilih

Jangan Lupa ya.. di CATET AGENDANYA dan RAMAIKAN ACARANYA!



2 Responses to "Projek IKM : Pemilu OSIS SMA Pasundan 5 Bandung Siap Digelar, Cek Tanggal dan Ayo Ramaikan!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel