-->

Projek IKM 2022 : Kolaborasi dengan KNPI Sukasari, Tema Sosio Demokrasi Sukses dan Menghasilkan

 

Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022-2023
smapasundan5bdg.sch.id - Pelaksanaan Projek Impelementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 dengan berkolaborasi bersama KNPI Kecamatan Sukasari, Tema Sosio Demokrasi Sukses dan Menghasilkan Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Oktober sampai dengan 22 Oktober 2022.

Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Sosio Demokrasi merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh SMA Pasundan 5 Bandung dan kegiatan ini merupakan projek pertama pada tahun pelajaran 2022/2023.

Seperti yang disampaikan pada artikel sebelumnya tentang Projek IKM : Pemilu OSIS SMA Pasundan 5 Bandung Siap Digelar, Cek Tanggal dan Ayo Ramaikan!, Parman Supardi selaku Ketua Projek sekaligus WKS Kesiswaan menyampaikan bahwa  pemilihan dimensi Demokrasi karena sesuai dengan Keputusan Kepala Sekolah pada saat musyawarah Dewan Guru dengan pertimbangan akan banyaknya siswa yang terlibat dan mempunyai peranannya masing-masing sehingga siswa harus proaktif agar kegiatan berjalan dengan lancar dan baik serta kegiatan projek ini sebagai bekal pengetahuan dimasa mendatang.

Hal ini tentunya bisa dirasakan oleh siswa kelas X (sepuluh) sebagai pelaksana dari kegiatan tersebut. Salah satu siswa menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menguras pikiran dan tenaga, tapi sangat banyak manfaatnya dan menjadi pengalaman yang suatu saat dapat diimplementasikan di masyarakat.

"Iya, kegiatan ini penuh tensi, menguras tenaga dan pikiran agar kegiatan projek ini bisa berjalan dengan lancar. Saya sangat senang, jadi bisa tahu tentang kegiatan Pemilu yang mungkin suatu saat dapat dipraktekan di masyarakat", ujar siswa yang tidak mau disebutkan namanya.

Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan objek dari tema Sosio Demokrasi pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tahun ini.

Ketua dan Waki Ketua OSIS terpilih: Diki Arizwan (Kanan), Desi Lestari (Kiri) 
Hasil dari projek ini adalah terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Pasundan 5 Bandung Periode 2022-2023. Adapun Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih adalah Diki Arizwan dari kelas XI MIPA dan Wakilnya Desi Lestari dari kelas X-1. 

WKS. Kurikulum, Edi Rakhmat menyampaikan pada saat pelantikan Pengurus OSIS, bahwa tak menyangka kegiatan ini sukses digelar dan begitu pro-aktifnya semua siswa untuk mensukseskan kegiatan projek yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka.

"Awalnya saya tak berekspetasi terlalu tinggi, karena ini merupakan program pertama dan kalian (peserta) tentunya belum berpengalaman dalam hal penyelenggaraan Pemilu, tapi diluar dugaan kalian bisa begitu proaktif dan begitu profesional menyelenggarakan kegiatan Pemilu yang merupakan objek dari Projek ini, tepuk tangan untuk kalian". Mengawali sambutannya.

Kesuksesan kegiatan ini tentu adanya proses yang dilalui, hasil wawancara tim Redaksi PasmaMedia dengan Parman Supardi selaku Ketua Projek ini menyampaikan bahwa dalam prosesnya yang semula siswa tersebut acuh tak acuh terhadap tugas yang diberikan, dan kurang peka sesama teman, akhirnya mengalami perubahan yang signifikan membaik.

"Untuk progresnya Alhamdulillah ya perubahannya cukup signifikan, dari yang acuh tak acuh sama sekali menjadi lumayan ada kepeduliaan, tingkat kepekaan sosialnya juga meningkat, terus sudah mulai terlihat persahabatan mereka mulai terjalin, serta kepeduliaan satu sama lain sudah meningkat".

Parman Supardi menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, kedepan bisa lebih baik lagi.

"Memang ini hanya momentum, harapannya nanti kedepan bisa meningkat lagi dengan berbagai strategi kedepan." tutupnya.


Pemberian Materi Debat oleh DPK KNPI Kec. Sukasari, Kota Bandung
Tentunya, kegiatan ini tak terlepas dari semua pihak yang ikut terlibat mensukseskan. Mulai dari siswa  sebagai peserta pelaksana, Guru-Guru sebagai Pembimbing, dan keterlibatan dari Orang Tua yang ikut mendukung serta dukungan dari pihak luar, yaitu unsur pemerintah Kecamatan Sukasari, Kota Bandung dan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Tim Redaksi PasmaMedia juga mewawancarai Ketua DPK KNPI Kecamatan Sukasari, beliau menyampaikan bahwa kedepannya DPK KNPI Kecamatan Sukasari akan merumuskan apa saja yang bisa dikolaborasikan khususnya dalam bidang Pendidikan, dan karakteristik dari pemuda sehingga menumbuhkan sifat inovasi, kreasi, serta mewujudkan ideologi-ideologi Pancasila.

"Apa saja yang nanti dirumuskan yang pertama temen-temen belajar bagaimana dipilih, memilih dan menyelenggarakan pemilihan. Ini yang terpenting kedepan teman-teman akan kita bekali untuk menunjang persiapan temen-temen untuk menjadi pemilih bukan hanya untuk 2024, tapi kita mengamati adanya bonus demografi 2030 dan 2034 kita akan mendapat Indonesia Emas".

Bung Dion, sapaan akrab Ketua DPK KNPI Kecamatan Sukasari tersebut menambahkan, kolaborasi dengan OSIS SMA Pasundan 5 Bandung menjadi awal untuk mewujudkan pemuda kecamatan Sukasari yang memiliki sifat inovasi, kreasi serta mewujudkan ideologi-ideologi pancasila.

"Oleh karenanya kenapa ada upaya-upaya kita berkolaborasi dengan OSIS? karena temen-temen hari ini secara pemikiran bisa dibentuk dari sekolah. Temen-temen butuh pengalaman, butuh pengetahuan, butuh ilmu. Sehingga Kita merumuskan ini berkolaborasi dengan OSIS-OSIS, terutama OSIS SMA Pasundan 5 Bandung ini menjadi awal".

Di akhir kegiatan, tepat pukul 11.30 WIB, Kepala Sekolah (Drs. Asep Sudrajat, M.Si) melantik Pengurus OSIS Periode 2022-2023 yang bertempat di Aula Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.


=========

Reporter    : 

1. Shendi Ardiansah

2. Wike Widayanti




0 Response to "Projek IKM 2022 : Kolaborasi dengan KNPI Sukasari, Tema Sosio Demokrasi Sukses dan Menghasilkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel