-->

Download Contoh Projek Profil Pelajar Pancasila untuk SMA | Merancang Simulasi Digital

 

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Merancang Simulasi Digital
smapasundan5bdg.sch.id - Seperti yang sudah disampaikan pada artikel tentang 7 Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk SMA, pada artikel ini akan disampaikan tentang Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk SMA mengambil topik Merancang Simulasi Digital dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.


Tujuan, Alur dan Target Pencapaian Projek

Tujuan Projek

Dengan mengangkat tema Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Simulasi Digital” ini bertujuan untuk mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa (engineering process) secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa (engineering).  

Alur Projek

Projek ini menggunakan Alur Berpikir Desain, dimulai dari tahap berempati dengan menyadari masalah-masalah yang terjadi di sekitar, masalah apapun yang memprihatinkan dari dunia. 

Masalah bisa datang dari topik apa saja misalnya bencana alam, sampah, penyakit, kecelakaan dan lainnya. 

Kemudian dari permasalahan tersebut mendefinisikan masalah sehingga siswa harus benar-benar memahami masalah tersebut. 

Kemudian melakukan curah pendapat tentang apa yang bisa menjadi solusi masalah tersebut. Membuat prototipe dan melakukan eksperimen atau coba langsung ke khalayak luas untuk mendapatkan umpan balik yang otentik.

Alur Berpikir Desain, Merancang Simulasi Digital

Target Projek

Melalui projek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik empat dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: Kreatif, Bernalar Kritis, Mandiri, dan Bergotong Royong, yang akan dijabarkan secar detail di bab berikutnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Projek 

Komitmen

Komitmen seluruh warga sekolah untuk menjalankan aksi yang disepakati. Nilai atau inti pembelajaran tidak akan didapatkan bila siswa melihat bahwa sekolah tidak konsisten dan berkomitmen membangun kesadaran ini pada ekosistemnya. Contoh: apakah para guru sudah mempunyai pengetahuan tentang membuat simulasi digital? Apa alternatifnya? 

Peran Guru

1. Fasilitator: memfasilitasi kegiatan, menyediakan media belajar, lembar belajar, lembar kerja dan lain-lain.

2. Moderator: memoderasi diskusi, memberikan pertanyaan pemantik, menutup dengan kesimpulan.
Penyedia Informasi: menyediakan artikel, video, tautan informasi.

3. Mentor: membimbing siswa dalam mengembangkan projek.

Sarana dan Prasarana

Berekayasa dan Berteknologi membutuhkan perangkat untuk membuat produk digital. Sehingga ketika memilih tema ini, sekolah harus memikirkan:
  1. Apakah guru mempunyai perangkat digital yang memadai?
  2. Apakah murid mempunyai perangkat digital yang memadai?
  3. Apakah ada alternatif untuk perangkat?

Kolaborasi dan Narasumber

Apabila guru dan murid mempunyai keterbatasan keterampilan digital, terutama untuk animasi dan augmented reality, disarankan untuk mengundang narasumber ahli misalnya animator atau mengundang pihak pelatih dari Assembler Edu untuk membantu.

Untuk mempermudah proses pembuatan projek, disarankan siswa membuatnya dalam bentuk kelompok kerja maksimal 3 orang perkelompok, agar terjadi kolaborasi satu sama lain.

Untuk mendapatkan Dokumen Projek Profil Pelajar Pancasila SMA dengan Topik Merancang Simulasi Digital silahkan klik DOWNLOAD

Terima kasih, semoga bermanfaat!







0 Response to "Download Contoh Projek Profil Pelajar Pancasila untuk SMA | Merancang Simulasi Digital"

Posting Komentar