Download Contoh Projek Profil Pelajar Pancasila untuk SMA | Merancang Simulasi Digital
Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Merancang Simulasi Digital |
Tujuan, Alur dan Target Pencapaian Projek
Tujuan Projek
Dengan mengangkat tema Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Simulasi Digital” ini bertujuan untuk mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa (engineering process) secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa (engineering).
Alur Projek
Projek ini menggunakan Alur Berpikir Desain, dimulai dari tahap berempati dengan menyadari masalah-masalah yang terjadi di sekitar, masalah apapun yang memprihatinkan dari dunia.
Masalah bisa datang dari topik apa saja misalnya bencana alam, sampah, penyakit, kecelakaan dan lainnya.
Kemudian dari permasalahan tersebut mendefinisikan masalah sehingga siswa harus benar-benar memahami masalah tersebut.
Kemudian melakukan curah pendapat tentang apa yang bisa menjadi solusi masalah tersebut. Membuat prototipe dan melakukan eksperimen atau coba langsung ke khalayak luas untuk mendapatkan umpan balik yang otentik.
Alur Berpikir Desain, Merancang Simulasi Digital |
Target Projek
Melalui projek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik empat dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: Kreatif, Bernalar Kritis, Mandiri, dan Bergotong Royong, yang akan dijabarkan secar detail di bab berikutnya.
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Projek
Komitmen
Komitmen seluruh warga sekolah untuk menjalankan aksi yang disepakati. Nilai atau inti pembelajaran tidak akan didapatkan bila siswa melihat bahwa sekolah tidak konsisten dan berkomitmen membangun kesadaran ini pada ekosistemnya. Contoh: apakah para guru sudah mempunyai pengetahuan tentang membuat simulasi digital? Apa alternatifnya?
Peran Guru
1. Fasilitator: memfasilitasi kegiatan, menyediakan media belajar, lembar belajar, lembar kerja dan lain-lain.
2. Moderator: memoderasi diskusi, memberikan pertanyaan pemantik, menutup dengan kesimpulan.
Penyedia Informasi: menyediakan artikel, video, tautan informasi.
3. Mentor: membimbing siswa dalam mengembangkan projek.
Sarana dan Prasarana
Berekayasa dan Berteknologi membutuhkan perangkat untuk membuat produk digital. Sehingga ketika memilih tema ini, sekolah harus memikirkan:
- Apakah guru mempunyai perangkat digital yang memadai?
- Apakah murid mempunyai perangkat digital yang memadai?
- Apakah ada alternatif untuk perangkat?
Kolaborasi dan Narasumber
Apabila guru dan murid mempunyai keterbatasan keterampilan digital, terutama untuk animasi dan augmented reality, disarankan untuk mengundang narasumber ahli misalnya animator atau mengundang pihak pelatih dari Assembler Edu untuk membantu.
Untuk mempermudah proses pembuatan projek, disarankan siswa membuatnya dalam bentuk kelompok kerja maksimal 3 orang perkelompok, agar terjadi kolaborasi satu sama lain.
Untuk mendapatkan Dokumen Projek Profil Pelajar Pancasila SMA dengan Topik Merancang Simulasi Digital silahkan klik DOWNLOAD
Terima kasih, semoga bermanfaat!
0 Response to "Download Contoh Projek Profil Pelajar Pancasila untuk SMA | Merancang Simulasi Digital"
Posting Komentar