-->
SMA Pasundan 5 Bandung

Informasi SNPMB 2023 : Daftar Kuliah Melalui Jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri

 

Konferensi Pers, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, 2023
smapasundan5bdg.sch.id - Berikut admin sampaikan informasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk kelas 12 SMA/SMK/MA sederajat bagi yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang Perguruan Tinggi. Terdapat 3 Jalur untuk daftar kuliah pada tahun 2023, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Permendikburistek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Nasional Program Diploma dan Program Sarjana menyatakan bahwa transformasi pendidikan tinggi yang sedang berlangsung di Indonesia bertujuan untuk membentuk disana adalah lulusan dengan dasar yang kuat dalam disiplin ilmu utama.

Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini diimplementasikan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat merdeka belajar guna mendorong peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya.

3 Jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Daftar Kuliah melalui Jalur SNBT, 2023
Pada tahun 2023, ada perubahan nama yang semula Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maka untuk sekarang namanya menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Presetasi (SNBP).

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah.
Sumber : Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022 | Kepmendukburistek No. 345/M/2022
Pada seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi akan berfokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Hal ini dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. 

Dengan pemberian bobot yang tinggi ini, diharapkan peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik. Sedangkan untuk pembobotan sisanya, maksimal 50 persen diambil dari komponen penggali minat dan bakat. Hal ini bertujuan agar peserta didik terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

Seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Pada jalur SNBP calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Karena untuk sukses di masa depan, diperlukan beragam kompetensi.

Contohnya, seorang pengacara harus punya ilmu dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.


Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Daftar Kuliah melalui Jalur SNBT, 2023
Jika pada tahun sebelumnya disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maka pada tahun 2023 namanya berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Seleksi nasional berdasarkan tes kini berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.
Sumber : Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022
Transformasi seleksi nasional masuk PTN yang kedua adalah seleksi nasional berdasarkan tes. Seleksi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

Dengan demikian, skema seleksi menjadi lebih adil dan setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk sukses pada jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT). Untuk pelaksanaannya sendiri masih sama seperti tahun kemarin, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).


Seleksi Secara Mandiri oleh PTN

Daftar Kuliah melalui Jalur Seleksi Mandiri, 2023
Berikutnya, mekanisme ketiga dalam transformasi seleksi masuk PTN adalah melalui seleksi secara mandiri oleh PTN. Pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri.

Metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, dan/atau metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan; serta besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.

Sebelum Pelaksanaan Seleksi Mandiri

Sumber : Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022

Sesudah Pelaksanaan Seleksi Mandiri

Sumber : Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022

Informasi Jadwal SNPMB
Untuk informasi jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dapat dilihat pada artikel tentang Mekanisme dan Jadwal SNPMB Tahun 2023.



 


0 Response to "Informasi SNPMB 2023 : Daftar Kuliah Melalui Jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel