-->

Download Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka melalui PMM

 

Kurikulum Merdeka, guru.kemdikbud.go.id
smapasundan5bdg.sch.id - Download Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sebelum satuan pendidikan mendaftar pada kurikulum merdeka, ada baiknya bapak/ibu sebagai pendidik memahami terlebih dahulu apa itu kurikulum merdeka? bagaimana struktur kurikulum merdeka? apa itu platform merdeka mengajar (PMM)? dan lain-lain seputar kurikulum merdeka.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas akan kita jawab pada artikel ini sesuai dengan sumber dari kemendikbud sebagai gambaran sebelum melangkah mendaftar pada kurikulum merdeka. Perlu diketahui, pendaftaran impelementasi kurikulum merdeka tahun ajaran 2023/2024 dibuka pada tanggal 6 Februari 2023 dan ditutup tanggal 31 Maret 2023.

Apa itu kurikulum merdeka?

Kurikulum Merdeka adalah mata kuliah dengan berbagai pembelajaran di dalam kelas, kontennya akan lebih dioptimalkan untuk memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk memperdalam konsep dan meningkatkan kemampuannya.

Kurikulum merdeka bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi semua murid. Peningkatan kualitas pembelajaran secara berkeadilan merupakan tujuan utama Merdeka Belajar.

Karena itu, Kurikulum Merdeka dirancang selaras dengan program-program Merdeka Belajar yang lain, yaitu:
  1. Asesmen Nasional
  2. Rapor Pendidikan
  3. Program Pelatihan Guru
  4. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kurikulum Merdeka juga dibuat sebagai kerangka yang fleksibel dan memerdekakan. Untuk pemahaman lebih mendalam lagi, dapat dilihat pada chanel youtube BSKAP Kemendikbud tentang Kenali Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran.

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD/RA, SD/MI dan SMA/SMK

Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila.

Berikut adalah beberapa prinsip pengembangan struktur Kurikulum Merdeka:

1) Struktur Minimum

Struktur kurikulum minimum ditetapkan oleh pemerintah pusat. Namun, satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi, misi, dan sumber daya yang tersedia.

2) Otonomi

Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

3) Sederhana

Perubahan dari kurikulum sebelumnya dibuat seminimal mungkin, namun tetap signifikan. Tujuan, arah perubahan, dan rancangannya dibuat jelas sehingga mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.

4) Gotong Royong

Pengembangan kurikulum dan perangkat ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya.

Download Struktur Kurikulum 

Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka diatur berdasarkan jenjang, yaitu PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Silahkan download Struktur Kurikulum SMA. Untuk Struktur Kurikulum Jenjang lainnya silahkan download DISINI.

Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar atau yang disingkat PMM merupakan platform teknologi sebagai teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Dengan produk-produk yang ada pada PMM, akan membantu dalam mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensi, dan berkarya lebih baik. Lebih jelas lagi dapat disimak pada chanel youtube Kemendibud RI tentang Mengenal Platform Merdeka Mengajar Kemendikbudristek.

Download Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka melalui PMM

1) Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka

Itulah materi pelatihan mengenal lebih dekat dengan kurikulum merdeka yang bersumber dari PMM.

Sebagai informasi, pada tahun ajaran 2023/2024 SMA Pasundan 5 Bandung terdaftar pada Kurikulum Merdeka dengan kategori Mandiri Belajar.



0 Response to "Download Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka melalui PMM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel