-->

Pertama di SMA! Kolaborasi ISI dan SMA Pasundan 5 Bandung Sukses Menyelenggarakan Ujikom Keahlian Perkantoran

 

Foto bersama Ibu Rini Ratnaningsih (Asesor Eksternal ISI) setelah selesai pelaksanaan UKK OTK Perkantoran, 2023
smapasundan5bdg.sch.id - Pertama di SMA! Kolaborasi Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) dan SMA Pasundan 5 Bandung Sukses Menyelenggarakan Ujikom Keahlian Perkantoran pada hari Selasa, 16 Mei 2023.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Otomatisasi Tata Kelola (OTK) Perkantoran di SMA Pasundan 5 Bandung merupakan salah satu program unggulan sekolah dalam mencetak lulusan yang tersertifikasi untuk siap berkiprah di dunia usaha/industri.

SMA Pasundan 5 Bandung yang merupakan alih fungsi dari SMK Pasundan 5 Bandung pada tahun ajaran 2021/2022 langsung mengambil terobosan dengan ditambahkannya mata pelajaran tambahan yaitu OTK Perkantoran pada saat siswa berada di kelas XI (sebelas). Hal ini tak lepas dari salah satu kompetensi/jurusan saat masih SMK sehingga OTK Perkantoran masih ada di SMA.

Pelaksanaan UKK Perkantoran ini pertama kali dilaksanakan oleh SMA Pasundan 5 Bandung pada tahun ajaran 2022/2023 begitupun dengan ISI sebagai penguji kompetensi keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran.


Wawancara dengan Ibu Rini Ratnaningsih sebagai Asesor Ekternal dari ISI, 2023
"Ini hal baru dan pertama kali tentunya, baik buat saya pribadi maupun buat ISI mungkin. SMA ternyata ada UKK nya, ya mungkin ini teroboson dari SMA Pasundan 5". Ujar Asesor eksternal ISI Cabang Bandung ini.

Ibu Rini Ratnaningsih, S.Sos., M.M., juga menyampaikan apresiasinya kepada SMA Pasundan 5 Bandung karena terobosannya dalam usaha menciptakan lulusan yang terampil, khususnya dalam hal keahlian OTK Perkantoran.

"Saya melihat niat baik ini (sekolah) dalam membekali siswa bukan saja dari knowledgenya, tetapi juga skillnya. Ini Top. Mengenai OTKP ini akan sangat berdekatan dengan digitalisasi, berbicara digitalisasi akan erat kaitannya dengan sarana yang mumpuni".

Pihak Sekolahpun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ibu Rini dan ISI karena dengan dilaksanakannya ujikom ini akan sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan untuk bekal dimasa mendatang serta berharap kedepan terus terjalin kerjasama dengan ISI.

"Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Rini sebagai Penguji dari ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) yang telah menguji siswa kami, dengan adanya ujikom ini (UKK OTK Perkantoran) akan sangat membantu siswa pada saat melamar dan bekerja nanti. Semoga kedepan silaturahmi ini terus terjalin dengan baik bersama ISI". Ujar Bpk. Drs. Asep Sudrajat, M.Si (Kepala Sekolah)


Tugas Uji Kompetensi Keahlian OTK Perkantoran

Unit Kompetensi yang ditugaskan kepada siswa sebagai uji kompetensi keahlian OTK Perkantoran adalah sebagai berikut :

  1. Soal Teori 
  2. Mengetik kecepatan
  3. Membuat Surat
  4. Mengirim email
  5. Membuat laporan keuangan
  6. Membuat agenda perjalanan dinas
  7. Mengelola arsip
  8. Menerima panggilan telepon

Dokumentasi Kegiatan :






Evaluasi Asesor klik DISINI.




0 Response to "Pertama di SMA! Kolaborasi ISI dan SMA Pasundan 5 Bandung Sukses Menyelenggarakan Ujikom Keahlian Perkantoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel