-->

Camping ASIK Ala SMA Pasundan 5 Bandung | CPD 2023

 

Camping Peserta Didik Tahun 2023
smapasundan5bdg.sch.id - PANGALENGAN, Inilah Camping ASIK ala SMA Pasundan 5 Bandung. Camping yang dimaksud adalah Camping Peserta Didik atau disingkat CPD yang dilaksanakan tanggal 9 sd 11 November 2023 di Bumi Perkemahan Area Pemandian Air Panas Cibolang, Pangalengan, Jawa Barat.

Kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda; seperti perbedaan sense akan nilai moral dan sikap, kemampuan, dan kreativitas.

Melalui partisipasinya dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensinya.

Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka juga menekankan bahwa Pendidikan Karakter itu penting yang harus dimiliki oleh siswa sebagai pondasi awal dalam mendidik siswa agar berkualitas dan berdaya saing secara global sebagaimana tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila (Kurikulum Merdeka).

Hal tersebutlah yang menjadi landasan SMA Pasundan 5 Bandung menjalankan program pendidikan karakter yang dikemas dalam kegiatan Camping ASIK. ASIK merupakan singkatan dari Adaftif, Supportif, Inovatif, dan Kreatif.

Upacara Pembukaan Kegiatan CPD 2023, Cibolang, Pangalengan.

Camping Peserta Didik Tahun 2023 bukanlah kegiatan pertama yang dilaksanakan sekolah bagi kelas 10 (sepuluh) ini, tetapi pada tahun-tahun sebelumnya juga rutin dilaksanakan pada semester ganjil atau genap. Namun, yang berbda pada tahun ini adalah perubahan nama yang semula Camping Pendidikan Dasar menjadi Camping Peserta Didik.

Drs. Asep Sudrajat, M.Si selaku Kepala Sekolah mengatakan perubahan nama ini tak asal merubah kata, tetapi merubah paradigma yang sering muncul dalam benak siswa.

"Perubahan nama (Camping Pendidikan Dasar) menjadi Camping Peserta Didik diharapkan tidak memunculkan paradigma siswa bahwa CPD itu menyeramkan, tetapi diharapkan bahwa CPD itu menyenangkan dan asik". Ucap Kepala Sekolah saat rapat persiapan CPD tanggal 4/6/2023

Sehingga dalam menjabarkan gagasan dari Kepala Sekolah tersebut, Parman Supardi, S.Pd selaku WKS Kesiswaan yang ditunjuk untuk menjadi Ketua Panitia CPD mengemas sedemikian rupa agar kegiatan CPD tahun ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah.

Dalam mengemas konsep kegiatan tersebut, Parman Supardi, S.Pd bersama dengan panitia mengambil tema kegiatan "Melalui Camping Peserta Didik bersama menumbuhkan jiwa peserta didik berjiwa Patriotik yang ASIK (Adaptif, Supportif, Inovatif dan Kreatif )".

Selain tema tersebut, sebagai motivasi dan pijakan kegiatan maka diambilah motto kegiatan "Dengan rasa silih asah, silih asih dan silih asuh membangun semangat kolaborasi, kebersamaan dan jiwa patriotik yang tangguh".

Motto tersebut tak lepas dari slogan Pasundan "Silah Asah, Silih Asih dan Silih Asuh".

Kegiatan CPD tahun ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hal ini sebagai bentuk implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Parman Supardi, S.Pd berharap kegiatan CPD tahun ini mampu melahirkan peserta didik yang memiliki jiwa patriotik tangguh.

"Melalui kegiatan CPD tahun ini, kami berharap peserta didik mampu memiliki dan memelihara semangat berkolaborasi, gotong royong, tumbuhnya kesiapan untuk dipimpin dan memimpin serta memiliki jiwa patriotik tanggung yang ASIK (Adaftif, Supportif, Inovatif dan Kreatif)" ujarnya saat diwawancarai reporter Pasma Media.

"Tak perlu menjadi profil yang sempurna untuk menjadi pribadi yang ASIK, kenapa? karena yang istimewapun akan kalah dengan yang selalu ada". Pungkas Pria 16 Desember tersebut.


DOKUMENTASI KEGIATAN dapat dilihat DISINI.




0 Response to "Camping ASIK Ala SMA Pasundan 5 Bandung | CPD 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel