-->

Seleksi PPG Kemendikbud Daljab 2022 : Petunjuk Pelaksanaan Peserta Seleksi Akademik Berbasis Domisili

 

Seleksi-PPG-Kemendikbud-Daljab-2022

smapasmabdg.sch.id - Hallo pasreader! Bapak dan Ibu Guru, kali ini smapasmabdg.sch.id  akan memberikan informasi tentang panduan seleksi PPG Kemendikbud Daljab 2022 : Petunjuk Pelaksanaan Peserta Seleksi Akademik Berbasis Domisili.

PPG adalah program pendidikan yang dirancang untuk mengembangkan lulusan pendidikan S1 dan S1 / D4 non kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar memperoleh kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan (SNP) agar memperoleh sertifikat profesi pendidik. PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. 

Kemendikbudristek pada tahun ini telah membuka pendaftaran dan seleksi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 melalui Dirjen GTK dalam surat edarannya nomor 0248/B2/GT.00.03/2022. Untuk masa pendaftaran sendiri sudah ditutup pada bulan Maret 2022 dan telah diumumkan peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi akademik PPG Dalam Jabatan.

Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan pada tahun 2022 menggunakan sistem ujian berbasis dalam jaringan domisili. Seleksi akademik berbasis domisili adalah seleksi yang dilakukan secara daring atau online dengan peserta berada di tempat tinggal (domisili) masing-masing atau tempat yang dipilih dengan pertimbangan akses internet.

Berdasarkan surat edaran Dirjen GTK nomor 0840/B2/GT.00.03/2022 telah mengumkan jadwal dan pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan. Untuk jadwal seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 24 April 2022 secara daring berbasis domisili. Jadwal seleksi dapat dilihat DISINI. 

Adapun petunjuk pelaksanaan peserta seleksi akademik PPG Dalam Jabatan berbasis domisili yang dihimpun dari laman ppg.kemdikbud.go.id akan dipaparkan dibawah ini.

Petunjuk Pelaksanaan Seleksi Akademik Berbasis Domisili

A. Sebelum Mengikuti Ujian

  1. Peserta menyiapkan laptop dengan spesifikasi sesuai ketentuan. Untuk mengetahui minimal spesifikasi laptop dapat dilihat pada artikel yang ditulis oleh Yusaeri Office.
  2. Peserta menyiapkan handphone yang sudah terpasang aplikasi zoom. Nama peserta pada aplikasi zoom ditulis nama lengkapnya.
  3. Peserta menyiapkan koneksi internet yang stabil dengan kuota internet minimal 10GB. 
  4. Peserta menyiapkan ruangan yang tenang, nyaman, dan dengan pencahayaan yang cukup.
  5. Peserta menyediakan meja-kursi dengan jarak kurang lebih 2 (dua) meter dari kamera zoom di HP. Kemudian di atas meja hanya diperbolehkan ada laptop, botol/gelas air minum transparan, obat-obatan pribadi (bagi peserta yang sedang sakit), kertas kosong, dan satu buah alat tulis. Pastikan laptop bersih dari kabel lain (kecuali kabel chargeran).
  6. Peserta menginstal dan memasang program / aplikasi Safe Exam Browser (SEB) dan file konfigurasi SEB. Silahkan DOWNLOAD.
  7. Peserta mempersipakan diri untuk mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Untuk jadwal uji coba cek DISINI.
  8. Peserta bergabung dalam grup Whatsapp yang dibuat pengawas 

B. Saat Pelaksanaan

  1. Peserta mengikuti dan menaati instruksi pengawas dalam proses verifikasi dan selama pelaksanaan ujian. Proses verifikasi dan dan kepengawasan dilakukan dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom
  2. Peserta menyutuji pakta integritas yang disajikan sebelum memulai ujian
  3. Peserta mengerjakan ujian secara mandiri dan tidak dibantu orang/alat lain
  4. Selama mengerjakan ujian, peserta mengahadap ke layar monitor dengan menampakan 100% wajah pada laptop
  5. Selama waktu pelaksanaan ujian, peserta harus selalu berada di tempat duduk yang terpantau oleh kamera zoom pada HP.
  6. Peserta mengikuti TATA TERTIB yang ditetapkan oleh panitia selama proses ujian.

C. Setelah Pelaksanaan

  1. Peserta menunjukan kepada pengawas terkait coretan-coretan yang ditulis di kertas kosong saat mengerjakan soal seleksi dan selanjutnya merobek coretan-coretan tersebut dihadapan pengawas
  2. Peserta mengakhir seleksi sesuai arahan pengawas



0 Response to "Seleksi PPG Kemendikbud Daljab 2022 : Petunjuk Pelaksanaan Peserta Seleksi Akademik Berbasis Domisili"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel